School Info
Saturday, 14 Jun 2025
  • Selamat datang di laman resmi SMK Negeri 1 Kedung Jepara | SKANSADA BERKARISMA
  • Selamat datang di laman resmi SMK Negeri 1 Kedung Jepara | SKANSADA BERKARISMA
20 August 2024

1.4.k.1. Aksi Nyata Modul 1.4 – Forum Berbagi Aksi Nyata

Tue, 20 August 2024 Read 526x

JUDUL : PENERAPAN BUDAYA POSITIF DI SEKOLAH

  1. LATAR BELAKANG

Penerapan budaya positf disekolah merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas pendidikan nasional. Penerapan budaya positif ini tidak bisa dilakukan tanpa dukungan dari semua elemen yang ada di sekolah. Dengan penerapan budaya positif ini diharapkan dapat mewujudkan visi sekolah dan membentuk karakter murid dalam mengimplementasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila.

  1. TUJUAN

Memberikan sosialisasi kepada warga sekolah terkait budaya positif dan penerapannya di lingkungan sekolah
Menumbuhkan budaya positif dengan kesepakatan kelas dan penerapan segitiga restitusi..

  1. TOLOK UKUR

Warga sekolah mendapatkan pemahaman tentang budaya positif di sekolah dan penerapannya dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.
Murid mampu memahami dan bersama-sama membuat kesepakatan kelas untuk dipasang dinding kelas dan ditaati.
Memperbaiki proses pendisiplinan murid melalui penerapan segitiga restitusi.

  1. LINIMASA TINDAKAN YANG DILAKUKAN

Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan diantaranya ialah:

Melaksanakan diseminasi budaya positif di lingkungan sekolah kepada seluruh warga sekolah meliputi kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan terkait disiplin positif, kesepakatan kelas,profil pelajar Pancasila dan praktik segitiga restitusi dalam rangka mewujudkan disiplin positif di sekolah.
Guru memfasilitasi murid untuk membuat kesepakatan kelas. Kesepakatan kelas yang telah disepakati selanjutnya ditandatangani seluruh warga kelas dan dipasang di dinding kelas.
Melaksanakan praktik penerapan segitiga restitusi kepada dua orang murid dan mendokumentasikannya

  1. DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

Kepala Sekolah dan Rekan Sejawat 
Dukungan dalam menerapkan keyakinan kelas dalam mewujudkan disiplin positif guna membentuk budaya positif di lingkungan kelas dan sekolah.

Murid
Murid sebagai subjek pembelajaran yang berkolaborasi bersama dengan guru dalam membuat keyakinan kelas secara bersama-sama.

Orang Tua/Wali Murid
Berperan aktif dalam melanjutkan budaya positif di lingkungan keluarga dan juga lingkungan rumah murid.

  1. Bahan dan Alat:

Untuk dokumentasi dan editing : kamera digital/kamera HP,aplikasi edit video,
Untuk membuat keyakinan kelas : kertas karton,spidol,kertas Stiky note.
Untuk sosialisasi budaya positif : laptop,Proyektor,perangkataudio/soundsystem

  1. DOKUMENTASI KEGIATAN PENERAPAN BUDAYA POSITIF DI SEKOLAH

Diseminasi Budaya Positif di sekolah  

This article have

2 Comments

Bagus dan menginspirasi, semoga konsisten dalam penerapannya ya Pak, dan semoga saya bisa juga mengikuti jejak langkah jenengn untuk mewujudkan pendidikan yang berpihak pada murid dan menghidupkan budaya positif di sekolah. Semangat Pak… Terus berkaraya untuk bangsa.

Leave a Comment